Mebel Jepara Ukir, Diburu Sampai Negeri Seberang

Mebel jepara ukir sudah sangat terkenal dari jaman dahulu kala hingga sekarang, terkenal sampai ke pelosok-pelosok tanah air Indonesia, utamanya daerah luar jawa, mebel jepara dengan ciri khas ukiran sangat diminati. Ada banya motif ukiran yang bisa di pesan, dari mulai motif ukiran yang didominasi daun-daun ataupun bunga-bunga, sangat indahuntuk sekedar menghiasi ruangan rumah anda. Hampir semua perabot rumah, seperti kursi tamu, kursi makan set, almari dan lain sebagainya bisa diberi ukiran khas mebel jepara. Maka tidak berlebihan jika hampir sebagian besar hasil produksi mebel jepara ukir di pasok ke daerah, utamanya ke daerah-daerah di sumatera dan Kalimantan.

Mebel jepara ukir
mebel jepara ukir

Hampir setiap hari ada puluhan truk paketan dari jepara yang membawa mebel jepara ukir untuk dikirim masuk ke daerah-daerah di luar jepara. Kota-kota besar di sumatera adalah langganan tetap yang membeli kerajinan mebel jepara. Ada banyak warga jepara yang sengaja merantau ke kota-kota di sumatera utamanya yang kemudian membuka took-toko mebel di sana, sementara barang mentah di ambil dari perajin yang ada di jepara. Mebel jepara yang masih setengah jadi itu kemudian, di amplas dan di warna oleh pemilik toko sesuai dengan pesanan konsumen, tentu saja pemilik took mebel jepara ini juga membawa karyawan spesialis finising dari jepara untuk dipekerjakan di tokonya.

mebel jepara ukir klasik
Mebel jepara ukir klasik

Bukan hanya kota-kota di sumatera dan Kalimantan namun mebel jepara ukir juga sangat diminati oleh masyarakat melayu Malaysia dan Brunei Darussalam mungkin karena masih serumpun, jadi selera dengan mebel jepara ukir juga sama kale yaa, heheheā€¦. Permintaan mebel jepara dari tahun ke tahun juga terus meningkat, namun yang menjadi kendala pokok bagi perajin mebel adalah ketersediaan bahan baku yan terus menipis utamannya adalah bahan baku kayu jati. Para perajin mebel jepara juga harus mendatangkan kayu jati dari luar jawa, biasannya kayu jati itu di datangkan dari daerah Sulawesi, kayu-kayu jati itu dikirim menggunakan truk container kecil (20ft) dan dibawa ke jepara.